Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Luncurkan Satelit Terbesar di Asia Satria-1, Ini Spesifikasinya

19 Juni 2023, 15:43 WIB

Satelit Republik Indonesia (Satria)-1 berhasil diluncurkan pada hari ini, Senin (19/6/2023) dini hari. Satelit terbesar di Asia itu diluncurkan menuju slot orbit 146 derajat Bujur Timur menggunakan roket Falcon 9 buatan SpaceX.

Peluncuran Satria-1 dilakukan di landasan milik Angkatan Antariksa Amerika Serikat di Tanjung Canaveral, Florida. Mengacu pada roket peluncurnya, penanggung jawab peluncuran satelit multifungsi ini adalah SpaceX, perusahaan milik Elon Musk.

Satelit Satria-1 sendiri mengusung teknologi Very High Throughput Satellite (VHTS). Menurut studi BAKTI Kominfo 2023, satelit Satria-1 diperkirakan mampu melayani dengan kecepatan hingga 150 Gbps.

Satelit ini mampu menghadirkan layanan internet di 50.000 titik fasilitas publik. Kecepatan internet di setiap titik layanan publik diperkirakan bisa mencapai 4 Mbps. Satria-1 siap beroperasi penuh pada Januari 2024 mendatang.

Simak selengkapnya dalam video berikut.

Editor: Aryo Putranto Saptohutomo

Penulis Naskah: Michaela Winda Saputra

Host: Michaela Winda Saputra

Video Editor: Alfyan Oktora Atmajaya

Produser: Adesari Aviningtyas

Musik: My Peeps - Aaron Lieberman

#Satria1 #SatelitSatria1 #NewsUpdate #LiveStreamingKompas.com #JernihkanHarapan

Baca artikel terkait: https://nasional.kompas.com/read/2023/06/18/11445481/peluncuran-satelit-satria-1-dini-hari-waktu-indonesia-disiarkan-lewat

Video Terkini
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke