Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Indonesia Luncurkan Satelit Terbesar di Asia Satria-1, Ini Spesifikasinya

Satelit Republik Indonesia (Satria)-1 berhasil diluncurkan pada hari ini, Senin (19/6/2023) dini hari. Satelit terbesar di Asia itu diluncurkan menuju slot orbit 146 derajat Bujur Timur menggunakan roket Falcon 9 buatan SpaceX.

Peluncuran Satria-1 dilakukan di landasan milik Angkatan Antariksa Amerika Serikat di Tanjung Canaveral, Florida. Mengacu pada roket peluncurnya, penanggung jawab peluncuran satelit multifungsi ini adalah SpaceX, perusahaan milik Elon Musk.

Satelit Satria-1 sendiri mengusung teknologi Very High Throughput Satellite (VHTS). Menurut studi BAKTI Kominfo 2023, satelit Satria-1 diperkirakan mampu melayani dengan kecepatan hingga 150 Gbps.

Satelit ini mampu menghadirkan layanan internet di 50.000 titik fasilitas publik. Kecepatan internet di setiap titik layanan publik diperkirakan bisa mencapai 4 Mbps. Satria-1 siap beroperasi penuh pada Januari 2024 mendatang.

Simak selengkapnya dalam video berikut.

Editor: Aryo Putranto Saptohutomo

Penulis Naskah: Michaela Winda Saputra

Host: Michaela Winda Saputra

Video Editor: Alfyan Oktora Atmajaya

Produser: Adesari Aviningtyas

Musik: My Peeps - Aaron Lieberman

#Satria1 #SatelitSatria1 #NewsUpdate #LiveStreamingKompas.com #JernihkanHarapan

Baca artikel terkait: https://nasional.kompas.com/read/2023/06/18/11445481/peluncuran-satelit-satria-1-dini-hari-waktu-indonesia-disiarkan-lewat

Kembali ke video...
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com