Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Belum Umumkan Pansel Capim KPK, Begini Tanggapan ICW

19 Mei 2024, 22:13 WIB

Hingga saat ini, Presiden Joko Widodo belum mengumumkan nama-nama kandidat panitia seleksi calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (Pansel Capim KPK) 2024-2029. Padahal, pada periode 2019-2023 lalu, anggota Pansel Capim KPK telah diumumkan di bulan Mei 2019.

Indonesia Corruption Watch (ICW) pun menanggapi hal tersebut. Staf Divisi Hukum dan Monitoring Peradilan ICW atau Peneliti ICW Diky Anandya mengatakan, dengan belum diumumkannya nama-nama pansel, artinya presiden memiliki banyak waktu untuk menggodok nama-nama yang memiliki kapabilitas.

"Saya kira melihat situasi saat ini, seharusnya memang pansel itu segera diumumkan," kata Diky di Rumah Belajar ICW, Jakarta Selatan, Minggu (19/5/2024).

"Dengan mundurnya pengumuman nama-nama pansel, artinya presiden itu, saya melihat dari sisi baiknya, presiden punya banyak waktu untuk menggodok atau mempertimbangkan dengan matang terkait dengan nama-nama anggota pansel yang sekiranya punya kapabilitas dan juga punya kompetensi untuk memahami situasi pemberantasan korupsi di Indonesia saat ini, terutama kinerja KPK," jelasnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengatakan bahwa saat ini pihaknya baru mempersiapkan soal susunan Pansel Capim KPK. Ia memastikan susunan pansel dipastikan sudah selesai dan bisa diumumkan ke publik pada bulan Juni mendatang.

"Ini baru disiapkan, nanti Juni lah sudah kita selesaikan," kata Jokowi saat memberikan keterangan pers di Pasar Sentral Lacaria, Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara, Selasa (14/5/2024) sebagaimana dilansir keterangan resmi.

Informasi selengkapnya dapat disimak dalam video berikut.

Video Jurnalis: Talitha Yumnaa
Penulis Naskah: Talitha Yumnaa
Video Editor: Talitha Yumnaa
Produser: Ervan Yudhi Tri Atmoko

#IndonesiaCorruptionWatch #ICW #Jokowi #CapimKPK #KPK #JernihkanHarapan  

Video Terkait
Video Terkini
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke