Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

NR #59: Kekayaan Aspal Alam, Sejarah Kesultanan, dan Keindahan Biota Laut dari Kabupaten Buton

lainnya
24 Mei 2023, 09:06 WIB

Salam Nusaraya! Semangat Bhinneka Indonesia Raya!

Kabupaten Buton di Provinsi Sulawesi Tenggara merupakan wilayah dengan yang kekayaan aspal alam terbesar di dunia. Namun potensi ini belum diolah secara maksimal untuk menjadi komoditi ekspor dari Indonesia yang masih bergantung pada impor aspal dari negara lain. Aspal alam Buton sendiri memiliki kualitas terbaik yang bisa digunakan untuk kebutuhan selama ratusan tahun mendatang, dibanding aspal minyak yang kini digunakan.

Selain aspal, Kabupaten Buton juga menyimpan potensi pariwisata alam dan sejarah yang tidak kalah menarik. Mulai dari wisata hutan, wisata pantai dengan kekayaan biota laut yang khas, dan air terjun. Buton juga memiliki berbagai situs bersejarah sebagai bagian dari benteng Kesultanan Buton yang merupakan benteng terbesar di dunia. 

Buton juga memiliki kekayaan budaya yang beragam serta dijaga secara turun temurun. Salah satunya adalah tradisi pemilihan raja dan sultan yang dipilih oleh rakyat, yang berarti, Buton telah menjalankan praktik politik demokrasi sejak dulu. 

Simak keunikan dan potensi lainnya dari Kabupaten Buton, lewat obrolan lengkap bersama Penjabat (Pj) Bupati Drs. Basiran, M.Si., hanya di Nusaraya.


#nusaraya #bupatibuton #kabupatenbuton #basiran #kcm #jernihmelihatdunia

Jelajahi Tentang

Kompas.com Play

Lihat Semua

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Terkait
Komentar

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Tulis komentar Anda...
Video Terkini
Jelajahi