Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
NR #59: Kekayaan Aspal Alam, Sejarah Kesultanan, dan Keindahan Biota Laut dari Kabupaten Buton

Salam Nusaraya! Semangat Bhinneka Indonesia Raya!

Kabupaten Buton di Provinsi Sulawesi Tenggara merupakan wilayah dengan yang kekayaan aspal alam terbesar di dunia. Namun potensi ini belum diolah secara maksimal untuk menjadi komoditi ekspor dari Indonesia yang masih bergantung pada impor aspal dari negara lain. Aspal alam Buton sendiri memiliki kualitas terbaik yang bisa digunakan untuk kebutuhan selama ratusan tahun mendatang, dibanding aspal minyak yang kini digunakan.

Selain aspal, Kabupaten Buton juga menyimpan potensi pariwisata alam dan sejarah yang tidak kalah menarik. Mulai dari wisata hutan, wisata pantai dengan kekayaan biota laut yang khas, dan air terjun. Buton juga memiliki berbagai situs bersejarah sebagai bagian dari benteng Kesultanan Buton yang merupakan benteng terbesar di dunia. 

Buton juga memiliki kekayaan budaya yang beragam serta dijaga secara turun temurun. Salah satunya adalah tradisi pemilihan raja dan sultan yang dipilih oleh rakyat, yang berarti, Buton telah menjalankan praktik politik demokrasi sejak dulu. 

Simak keunikan dan potensi lainnya dari Kabupaten Buton, lewat obrolan lengkap bersama Penjabat (Pj) Bupati Drs. Basiran, M.Si., hanya di Nusaraya.


#nusaraya #bupatibuton #kabupatenbuton #basiran #kcm #jernihmelihatdunia

Kembali ke video...
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau