Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mulus, Pendaratan Ke-3 Pesawat Jet Jenis Boeing 737 di Bandara IKN

news
11 Oktober 2024, 11:32 WIB

Presiden Joko Widodo (Jokowi) direncanakan meresmikan Istana Negara, Istana Garuda, Rumah Sakit Hermina dan Mayapada serta menghadiri Kompas 100 CEO Forum, di Ibu Kota Nusantara (IKN). Menurut rencana, Jokowi akan mendarat di Bandara Nusantara pada Jumat (11/10/2024) pagi dengan pesawat Boeing Business Jet (BBJ) 737-800.


Untuk memastikan kesiapan Bandara Nusantara didarati pesawat kepresidenan dengan ukuran lebih besar, uji coba atau proving flight ke-3 pun dilakukan. Dalam pantauan Kompas.com, uji coba pendaratan pesawat penumpang pada Kamis (10/10/2024) berlangsung mulus.


Meski hujan, dua pesawat milik TNI Angkatan Udara yang melakukan proving flight, masing-masing Boeing 737-200 dan Boeing 737-400 mendarat tanpa kendala. Pesawat pertama yang dipiloti Letkol Penerbang (Pnb) Devi Oktaviandra, terbang dari Lapangan Udara (Lanud) Dhomber Balikpapan.


Devi memastikan, landasan pacu Bandara Nusantara mulus dan halus. Tidak ada permasalahan ketika saat mendarat di tengah cuaca hujan dengan kecepatan angin 250.4 knot. Menurut Devi, hujan belum tentu mengganggu pendaratan. Karena pendaratan sangat bergantung pada jarak pandang atau visibilitas.


Produser: Hilda B Alexander

Video Journalist: Hilda B Alexander

Narator: Christian Ricko Harianto

Video Editor: Christian Ricko Harianto

Music Background: Packed - Density & Time


#IKN #IbuKotaNusantara #Jokowi #BandaraNusantara

Jelajahi Tentang

Kompas.com Play

Lihat Semua

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Terkait
Komentar

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Tulis komentar Anda...
Video Terkini
Jelajahi