Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Istana Garuda dan Istana Negara IKN Diresmikan Oktoberr 2024

news
22 September 2024, 05:19 WIB

Ketua Satuan Tugas (Satgas) Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Danis Hidayat Sumadilaga mengungkapkan bahwa Istana Garuda dan Istana Negara di Ibu Kota Nusantara (IKN) akan diresmikan pada Oktober 2024.


Kedua gedung ini merupakan ikon sekaligus tengara IKN yang menjadi pusat perhatian publik karena dirancang oleh seniman patung Nyoman Nuarta. Istana Garuda telah digunakan oleh Presiden Joko Widodo untuk menggelar sidang dan rapat kabinet paripurna perdana dan terakhir, pada Agustus dan September ini.


Sementara Istana Negara telah digunakan sebagai tempat untuk menghelat HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia, rapat koordinasi seluruh perangkat daerah, dan TNI/Polri. Selain dua gedung megah dan ikonik di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan tersebut, juga ada Kantor Kementerian Koordinator 1, 3, dan 4 yang ikut diresmikan.


Di sisi lain, Danis mengungkapkan progres pembangunan infrastruktur IKN tahap I sudah menyentuh angka 93 persen. Infrastruktur yang dibangun pada tahap awal tersebut mencakup gedung-gedung pemerintahan, rumah menteri, hingga rumah susun (rusun) untuk Aparatur Sipil Negara (ASN).


Produser: Hilda B Alexander

Narator: Christian Ricko Harianto

Video Editor: Christian Ricko Harianto

Music Background:Nico Staf - Sunny Travel (youtube.com/watch?v=Xr8FH9JGTUM)

Thumbnail Background: Dokumen OIKN


#IKN #IbuKotaNusantara #IstanaGaruda #IstanaNegara

Jelajahi Tentang

Kompas.com Play

Lihat Semua

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Terkait
Komentar

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Tulis komentar Anda...
Video Terkini
Jelajahi