Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rumah Subsidi Bata Interlock Bakal Dibangun di IKN, Harga Rp 182 Juta

news
20 Agustus 2024, 05:50 WIB

Rumah subsidi dari bata interlock akan dibangun di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Provinsi Kalimantan Timur. Hal ini menyusul dukungan PT Semen Indonesia Tbk (SIG) dalam menyediakan solusi bahan bangunan ramah lingkungan berkelanjutan dari material lokal melalui pemanfaatan teknologi terkini.


Rumah subsidi yang akan dibangun di IKN ini merupakan bangunan tapak satu lantai berdimensi 36 meter persegi yang bisa dibangun dalam waktu hanya 15 hari. GM of Brand Management SIG Sasha Media menuturkan, penggunaan teknologi bata interlock ini menghasilkan bangunan rumah yang presisi, durasi pembangunan cepat, ramah gempa, dan harga terjangkau.


Adapun harga rumah subsidi yang ditawarkan ini sebesar Rp 182 juta, sesuai dengan Keputusan Menteri (Kepmen) PUPR Nomor 689/KPTS/M/2023 tentang Batasan Luas Tanah, Luas Lantai, dan Batasan Harga Jual Rumah Umum Tapak dalam Pelaksanaan Kredit/Pembiayaan Perumahan Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan, serta Besaran Subsidi Bantuan Uang Muka Perumahan pada 23 Juni 2023.


Kepmen PUPR ini merupakan tindak lanjut Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Republik Indonesia Nomor 60 Tahun 2023 tentang Batasan Rumah Umum, Pondok Boro, Asrama Mahasiswa dan Pelajar, serta Rumah Pekerja yang Dibebaskan dari Pengenaan Pajak Pertambahan Nilai.


Produser: Hilda B Alexander

Video Journalist: Hilda B Alexander

Narator: Christian Ricko Harianto

Video Editor: Christian Ricko Harianto

Music Background: Bird Song - Roa (youtube.com/watch?v=kAX6bYo5dko)


#IKN #IbuKotaNusantara #RumahSubsidi #BataInterlock

Jelajahi Tentang

Kompas.com Play

Lihat Semua

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Terkait
Komentar

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Tulis komentar Anda...
Video Terkini
Jelajahi