Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Perdana, Kereta Otonom Tanpa Rel IKN Jalani Uji Kelayakan Teknis

news
7 Agustus 2024, 08:16 WIB

Rangkaian kereta otonom tanpa rail atau Autonomous Rail Transit (ART) produk dari Norinco International Cooperation Ltd yang berbasis di China, mulai menjalani pengujian perdana, Senin (5/8/2024). Pengujian ini akan berlangsung hingga Jumat (9/8/2024) di Jalan Sumbu Kebangsaan Sisi Barat, Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN. Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Mohamad Risal Wasal memastikan hal itu kepada Kompas.com.


Pengujian perdana ini mencakup uji statis atau pengujian yang dilakukan untuk mengetahui kondisi peralatan dan kemampuan kerja trem otonom dalam keadaan tidak bergerak, dan uji dinamis yang dilakukan untuk mengetahui kondisi peralatan dan kemampuan kerja trem otonom dalam keadaan bergerak. Sementara uji kelayakan teknis bertujuan untuk memastikan kesesuaian teknologi dan infrastruktur trem otonom dengan lingkungan di IKN.


Hal senada dikatakan oleh Deputi Bidang Transformasi Hijau dan Digital OIKN Mohammed Ali Berawi, bahwa PoC bisa dilaksakan jika hasil pengecekan train set oleh tim teknis Kementerian Perhubungan dinyatakan layak. Selain itu, seluruh sarana prasarana penunjang trem otonom seperti jalan, halte, depo sementara, dan stasiun pengisian daya di IKN telah siap.


Produser: Hilda B Alexander

Videographer: Hilda B Alexander

Narator: Christian Ricko Harianto

Video Editor: Christian Ricko Harianto

Music Background: Jakarta - Scandinavianz (youtube.com/watch?v=ccrUlYb4O84)


#IKN #IbuKotaNusantara #INKA #KAI

Jelajahi Tentang

Kompas.com Play

Lihat Semua

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Terkait
Komentar

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Tulis komentar Anda...
Video Terkini
Jelajahi