Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jimly Asshiddiqie: Akal Sehat Sudah Dikalahkan Akal Fulus

26 Oktober 2023, 14:25 WIB

Ketua Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi (MKMK) Jimly Asshiddiqie mengomentari situasi politik hari ini yang dianggapnya sudah tak lagi berpijak pada akal sehat akibat neoliberalisme.

Menurut dia, akal sehat itu sudah dikalahkan akal bulus dan akal fulus. Akal fulus itu untuk kekayaan, uang. Sementara, akal bulus untuk jabatan.

Jimly menilai, akal sehat dalam politik ini sedang terancam oleh adanya dua kekuasaan tersebut. Hadirnya MKMK, kata Jimly, diharapkan dapat menghidupkan akal sehat itu kembali.

Hal itu disampaikan Jimly saat rapat klarifikasi dengan sejumlah pihak pelapor di Gedung Mahkamah Konstitusi, Jakarta Pusat, Kamis (26/10/2023).

Sebagaimana diketahui, banyak warga Indonesia yang melaporkan semua hakim MK terkait putusannya soal batas usia capres-cawapres. Jimly mengatakan, pelaporan pelanggaran kode etik semua hakim MK oleh masyarakat saat ini belum pernah terjadi dalam sejarah di dunia.

MK memperbolehkan seseorang yang belum berusia 40 tahun boleh mendaftarkan diri sebagai capres-cawapres asal memiliki pengalaman menjabat sebagai kepala daerah.

Banyak yang menduga sikap MK ini sebagai jalan untuk memudahkan jalannya putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka untuk jadi cawapres Prabowo.

Hakim MK dinilai memiliki kepentingan politik atas putusannya itu.

Simak selengkapnya dalam video berikut ini.

Video Jurnalis: Claudia Aviolola
Penulis Naskah: Claudia Aviolola
Produser: Rakhmat Nur Hakim
Video Editor: Claudia Aviolola

Musik: El Secreto-Yung Logos

#JernihkanHarapan #HakimMK #PrabowoGibran

Video Terkait
Video Terkini
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke