Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemeja Putih dan Kenangan Mahfud MD Gagal Jadi Cawapres Jokowi

19 Oktober 2023, 13:48 WIB

Bakal calon wakil presiden Mahfud MD mengenakan kemeja putih lengan panjang dan berpeci hitam saat berangkat dari rumah dinas Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan, Jalan Denpasar, Jakarta, Kamis (19/10/2023) untuk mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Pihak keluarga dan rombongan yang mengantar Mahfud pun mayoritasnya juga mengenakan setelan serupa. Mahfud MD tiba di Tugu Proklamasi, Jakarta Pusat sekitar pukul 09.49 WIB. Tak berselang lama, bakal calon presiden (capres) Ganjar Pranowo juga tiba di Tugu Proklamasi. Menurut pantauan, Ganjar tiba sekitar pukul 10.15 WIB. Ia terlihat menggunakan kemeja berwarna hitam.

Setelan pakaian yang dikenakan Mahfud sama seperti setelan pakaian yang dikenakan pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar saat mendaftarkan diri ke KPU. Tak hanya itu, kemeja putih beserta peci hitam yang dikenakan Mahfud di Tugu Proklamasi ini juga mengingatkan masyarakat pada lima tahun lalu.

Pada Pilpres 2019, Mahfud MD nyaris dipilih Jokowi untuk mendampingi dirinya sebagai cawapres. Saat itu, Mahfud MD bahkan sudah menyiapkan baju putih yang menjadi ciri khas Jokowi. Namun tiba-tiba ia gagal dipinang Jokowi karena partai koalisi menunjuk Ma'ruf Amin. Meski gagal menjadi cawapres, pada akhirnya Mahfud MD dipilih Jokowi sebagai Menkopolhukam.

Simak berita selengkapnya dalam video berikut!

Jurnalis Video: NIS
Penulis : Nicholas Ryan Aditya, Dani Prabowo
Penulis Naskah: Rizkia Shindy
Narator: Rizkia Shindy
Video Editor: Agung Setiawan
Produser: Deta Putri Setyanto

Musik: Vampire - Emmit Fenn

#MahfudMD #PDIP #GanjarPranowo #Pilpres2024 #JernihkanHarapan

Artikel Terkait:

https://nasional.kompas.com/read/2023/10/19/11361711/ganjar-mahfud-berbaju-hitam-dan-putih-pdi-p-wujud-cita-cita-proklamasi-tidak

Video Terkait
Video Terkini
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke