Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Oktober Masih Kemarau, Hujan Diprediksi Turun November

6 Oktober 2023, 17:42 WIB

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan update terkait kondisi El Nino di Indonesia. Sebagai informasi, El Nino adalah suatu fenomena cuaca yang bisa mempengaruhi curah hujan dan menyebabkan perubahan pada iklim.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati menyampaikan, puncak El Nino sesuai dengan yang telah diprediksi sebelumnya yakni terjadi pada September 2023. Kendati demikian, data satelit terbaru menunjukkan, fenomena El Nino belum menunjukkan adanya penurunan pada Oktober 2023.

"Jadi puncak (El Nino) masih bertahan, diprediksi sampai akhir Oktober," kata Dwikorta, dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (3/10/2023).

Selanjutnya pada November, menurutnya akan mulai ada transisi dari musim kemarau ke musim hujan. "Jadi El Nino sebenarnya diprediksi masih akan berlangsung dari moderat sampai akhir tahun, dan melemah di Februari-Maret (2024)," tuturnya.

Kemudian, fenomena El Nino akan berakhir pada Maret 2024. Oleh sebab itu ia mengingatkan dampak El Nino masih akan panjang selama beberapa bulan ke depan.

Simak berita selengkapnya dalam video berikut!

Penulis : Nur Rohmi Aida
Penulis Naskah: Rizkia Shindy
Narator: Rizkia Shindy
Video Editor: Rizkia Shindy
Produser: Yusuf Reza Permadi

Musik: What You Used To Be  Mauro Somm

#BMKG #MusimKemarau #MusimHujan #JernihkanHarapan

Video Terkait
Video Terkini
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke