Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemprov Jabar Dahului Agenda Pandawara Bersihkan Pantai Cibutun Loji

5 Oktober 2023, 12:50 WIB

Ribuan orang membersihkan pantai Cibutun di Desa Sangrawayang, Kecamatan Simpenan Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Rabu (4/10/2023). Kegiatan bersih-bersih ini diinisiasi oleh Kodim 0622/Kabupaten Sukabumi setelah Pantai Cibutun usai viral di media sosial karena disebut pantai terkotor ke-4 di Indonesia. Sebutan ini disematkan oleh Pandawara Group, kelompok anak muda yang peduli dengan lingkungan. R

encananya Pandawara Group juga akan menggelar aksi bersih-bersih Pantai Cibutun pada 6-7 Oktober 2023. Namun Pemerintahan Provinsi Jawa Barat (Jabar) lebih dulu menggelar aksi bersih-bersih bersama sekitar 1.300 orang.

Anjar menjelaskan, rencananya hari ini akan disingkirkan sampah di pantai sepanjang 300 meter. Aksi bersih-bersih sendiri akan dilakukan selama empat hari. Menurutnya, jika beberapa hari kedepan pembersihan masih belum selesai, prajurit TNI akan turun tangan melanjutkan pembersihan Pantai Cibutun.

Menurut Anjar, pihaknya tidak bermaksud mendahului kegiatan yang direncanakan Pandawara. Namun, kegiatan ini merupakan karya bakti dari rangkaian HUT TNI AD yang sudah direncanakan jauh-jauh hari.

Simak berita selengkapnya dalam video berikut!

Penulis : Maya Citra Rosa
Penulis Naskah: Rizkia Shindy
Narator: Rizkia Shindy
Video Editor: Rizkia Shindy
Produser: Yusuf Reza Permadi

Musik: Brooklyn and the Bridge - Nico Staf

#PandawaraGroup #PantaiCibutunLoji #JernihkanHarapan

Video Terkini
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke