Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fakta Kecelakaan Maut di Bawen, Truk Langgar ODOL dan Tak Uji KIR Sejak 2015

26 September 2023, 17:57 WIB

Belum lama ini terjadi kecelakaan maut di Exit Tol Bawen, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah (Jateng). Kecelakaan tersebut disebabkan oleh truk tronton berpelat AD 8911 IA yang mengalami rem blong hingga menabrak sejumlah kendaraan yang terdiri dari empat mobil dan sembilan sepeda motor.

Akibat insiden itu, 3 orang meninggal dunia dan 27 orang mengalami luka. Dari hasil pemeriksaan yang dilakukan oleh tim Satlantas Polres Semarang, Dinas Perhubungan Kabupaten Semarang, dan PT Astra UD Trucks Semarang, ternyata kondisi truk tidak terawat dan uji kelayakan KIR tidak diurus sejak 2015.

Sejak 2015 juga tidak pernah uji kelayakan KIR, sehingga tidak terjamin keselamatannya. Seharusnya setiap enam bulan sekali ada pengecekan, ucap Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Semarang, Tri Martono, dikutip dari Kompas.com, Selasa (26/9/2023).

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Semarang, Tri Martono mengatakan, pelanggaran yang terlihat mencolok di antaranya truk telah mengalami modifikasi.

"Itu sudah melanggar Over Dimension Over Load (ODOL). Itu kendaraan untuk boks, diubah jadi enam roda sehingga panjang dan lebarnya sudah melebihi ketentuan," jelasnya di Mapolres Semarang, Senin (25/9/2023).

Simak berita selengkapnya dalam video berikut!

Penulis : Aprida Mega Nanda
Penulis Naskah: Rizkia Shindy
Narator: Rizkia Shindy
Video Editor: Rizkia Shindy
Produser: Yusuf Reza Permadi

Musik:  Future Glider-Brian Bolger

#KecelakaanBawen #JernihkanHarapan

Video Terkini
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke