Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jawa Tengah Waspada Kekeringan, Ini Daftar Wilayahnya

22 September 2023, 22:35 WIB

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis peringatan dini kekeringan meteorologis untuk sejumlah wilayah di Jawa Tengah selama periode 21-30 September 2023. Peringatan ini berdasarkan analisis hari tanpa hujan dan curah hujan pada Dasarian II Bulan September 2023 serta berdasarkan Prakiraan Curah Hujan Probabilistik September Dasarian III dan Oktober Dasarian I.

Adapun peringatan dini kekeringan di Jawa Tengah ini dibagi ke dalam empat kategori, yakni Awas, Siaga, Waspada, dan Tidak Ada Peringatan. "Waspada artinya hari tanpa hujan (diperkirakan selama) 21-30 hari," terang Koordinator Bidang Data dan Informasi Iis Widya Harmoko kepada Kompas.com, Jumat (22/9/2023). Dasarian sendiri adalah rentang waktu selama 10 (sepuluh) hari.

Sejumlah wilayah yang masuk kategori "Awas" kekeringan di Jateng menurut BMKG meliputi wilayah, yakni Kabupaten Wonogiri, Sukoharjo Sebagian Besar Wilayah Kabupaten Klaten, Karanganyar, Brebes, Tegal Sebagian wilayah Kabupaten Cilacap, Banyumas, Purbalingga, Kebumen, Purworejo, Sragen.

Kemudian sebagian kecil wilayah Kabupaten Pemalang, Pekalongan, Batang, Kendal, Kota Semarang, Kabupaten Semarang, Demak, Jepara, Pati, rembang, Blora, Grobogan, Boyolali, Magelang, Temanggung, Wonosobo.

Simak berita selengkapnya dalam video berikut!

Penulis : Nur Rohmi Aida

Penulis Naskah: Rizkia Shindy

Video Editor: Agung Setiawan

Produser: Yusuf Reza Permadi

Musik: Beyond - Patrick Patrikios

#BMKG #JawaTengah #JernihkanHarapan

Artikel Terkait:

https://www.kompas.com/tren/read/2023/09/22/181500065/bmkg-keluarkan-peringatan-dini-kekeringan-di-jawa-tengah-ini-daftar

Video Terkini
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke