Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

MISTERI HILANGNYA MALAYSIA AIRLINES MH370, TRAGEDI ATAU KONSPIRASI? #JADIGINICERITANYA

17 September 2023, 18:02 WIB

Misteri jatuhnya pesawat Boeing 777 dengan nomor penerbangan MH370 milik maskapai Malaysia Airlines yang jatuh pada 8 Maret 2014, tak kunjung terpecahkan. MH370 lepas landas dari Bandar Udara Internasional Kuala Lumpur (KLIA) pada 8 Maret 2014 pukul 00.41 waktu setempat.

Pesawat itu dijadwalkan tiba di Beijing pukul 06.30, tetapi kemudian putus kontak sekitar pukul 02.40 waktu setempat, 8 Maret 2014. Adapun posisi terakhir pesawat tersebut sebelum putus kontak, yakni berada di kawasan Laut China Selatan di antara Pesisir Timur Semenanjung Malaysia dan ujung selatan Vietnam.

Adapun awak kabin dan penumpang yang ada di pesawat itu adalah 153 orang China, 38 orang Malaysia, 7 orang Indonesia, 5 orang India, 6 orang Australia, 4 orang Perancis, 3 orang Amerika Serikat, 2 orang Selandia Baru, 2 orang Ukraina, 2 orang Kanada, dan masing-masing satu penumpang dari Rusia, Italia, Belanda, Taiwan, dan Austria.

Hilangnya pesawat asal Malaysia tersebut membuat 6 negara bekerja sama melakukan pencarian secara besar-besaran. Keenam negara tersebut yakni Malaysia, Vietnam, Singapura, China, Filipina, dan Australia. Meski demikian, pencarian itu hingga kini belum menemukan titik terang. Justru banyak teori yang beredar terkait bagaimana hilangnya pesawat tersebut.

Salah satu teori yang populer adalah tentang bagaimana penerbangan MH370 jatuh adalah bahwa Kapten Zaharie Ahmad Shah, pilot veteran Malaysia Airlines, sengaja menjatuhkan pesawat ke laut. Meski demikian, teori-teori itu belum terbukti kebenarannya.

Simak berita selengkapnya dalam video berikut!


Penulis Naskah: Rizkia Shindy
Host: Anggie Puspariana
Videografer: Agung Setiawan
Video Editor: Agung Setiawan
Produser: Yusuf Reza Permadi

Musik:Goddess of the Sea - Jimena Contreras
Hopeless - Jimena Contreras
Caribbean Hide & Seek - Carmen Mara and Edu Espinal
Somewhere Fuse - French Fuse


#MH370 #jadiginiceritanya#JernihkanHarapan

Video Terkini
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke