Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

NR #81: Tantangan Bupati Pulau Taliabu, Pesona Alamnya Oke, Tapi Akses Jalan Miris!

7 September 2023, 21:52 WIB

Beberapa waktu lalu viral di media sosial, sebuah video yang menunjukan Bupati Pulau Taliabu dan rombongan beserta mobil dinasnya menyebrang menggunakan rakit untuk melakukan kunjungan kerja. Hal tersebut menggambarkan keadaan infrastuktur di Pulau Taliabu yang masih jauh dari kata layak.



Potret Kabupaten Pulau Taliabu yang masih minim akses jalan penghubung antar desa tersebut, diungkapkan langsung oleh Aliong Mus, Bupati Pulau Taliabu, di Nusaraya. Aliong Mus menyebut pembangunan jalan menjadi beban pemerintah daerah Kabupaten Pulau Taliabu yang tidak mungkin tuntas dalam waktu singkat, apa lagi jika jumlah anggaran daerahnya sangat terbatas. Bupati Pulau Taliabu juga mengungkapkan, ada baiknya pemerintah provinsi Maluku Utara juga memperhatikan pembangunan akses jalan di Pulau Taliabu dan menjadi tugas bersama untuk membenahinya. 


Kabupaten Pulau Taliabu memang merupakan daerah otonomi baru yang merupakan hasil dari pemekaran Kabupaten Kepulauan Sula yang baru terbentuk pada tahun 2012. Dengan usia yang masih muda, Pulau Taliabu membutuhkan waktu untuk membenahi masalah kesejahteraan sosialnya. Saat ini, pemerintah daerah Pulau Taliabu fokus menghentaskan stunting, dan menonjolkan destinasi wisata yang diharapkan bisa menjadi penopang ekonomi daerah. Apa saja langkahnya? Simak selengkapnya di Nusaraya.



***


Produser: Yuna Fikry

Kreatif: Anasthasya

Videografer: Frederikus Tuto Ke Soromaking, Novan Astono, Marco Immanuel

Video Editor: Rafi Permana

Video Terkini
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke