Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bertemu PM Vietnam, Jokowi Bahas Kerja Sama Kendaraan Listrik dan Maritim

5 September 2023, 15:54 WIB

Perdana Menteri (PM) Vietnam Pham Minh Chinh menjadi salah satu pemimpin negara yang melakukan pertemuan terbatas bersama Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, Jakarta, pada Senin (4/9/2023) sore.

Melalui pertemuan tersebut, dibahas sejumlah prospek kerja sama strategis termasuk untuk pengembangan ekosistem kendaraan bermotor listrik.

"Kedua pemimpin menyambut baik pengembangan ekosistem kendaraan listrik oleh sektor swasta serta mendorong kerja sama antara BUMN kedua negara," kata Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi yang mendampingi Jokowi dalam pertemuan itu, sebagaimana dilansir dari keterangan Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, Senin (4/9/2023).

Potensi kerja sama dimaksud cukup menarik, mengingat Vietnam dan Indonesia merupakan salah satu negara di ASEAN yang cukup kuat untuk menjadi basis produksi kendaraan listrik.

Apalagi, selain potensi pasar, Indonesia memiliki cadangan bahan baku baterai kendaraan listrik berupa nikel terbesar di dunia.

Sementara Vietnam punya keunggulan pada teknologi dan sudah berpengalaman membuat mobil listrik buatan sendiri, yaitu VinFast VF3.

Simak berita selengkapnya dalam video berikut!

Penulis : Ruly Kurniawan
Penulis Naskah: Rizkia Shindy
Narator: Rizkia Shindy
Video Editor: Rizkia Shindy
Produser: Yusuf Reza Permadi

Musik: Divider-Chris Zabriskie

#Jokowi #PMVietnam #JernihkanHarapan

Video Terkini
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke