Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sudah Dirawat Satu Tahun, Bayi di Bogor Fix Tertukar #JADIGINICERITANYA

26 Agustus 2023, 07:09 WIB

Kasus bayi yang diduga tertukar dialami Siti Maulia (37) seorang ibu asal Kecamatan Ciseeng, Kabupaten Bogor, Jawa Barat saat melahirkan di Rumah Sakit Sentosa, Bogor belakangan ini menjadi perhatian publik. Siti mengaku, peristiwa bermula saat dirinya melahirkan anak keempat secara sesar di Rumah Sakit Sentosa pada 18 Juli 2022.

Bayi sehat itu kemudian digendong dan diberi ASI serta kebutuhan lainnya. Sehari kemudian, pada 19 Juli 2022 malam, bayi tersebut dibawa suster untuk diberikan perawatan ke ruangan khusus bayi. Paginya, pada 20 Juli, saat si bayi hendak digendong dan disusui, Siti merasakan kejanggalan dan kecurigaan lantaran kondisi fisiknya terasa berbeda dibandingkan saat ia pertama kali menggendongnya.

Lama kelamaan, kecurigaan yang dialami Siti semakin membesar. Alasannya, nama di gelang kaki anaknya ternyata bukan nama dirinya, melainkan pasien lain alias ibu yang berbeda, yakni atas nama ibu D. Setelah sekian lama tidak menemui kejelasan, Siti akhirnya melakukan tes DNA dengan bayi yang asuhnya selama ini di Lab Cempaka Putih, Jakarta, pada Juni 2023. Hasil DNA pun negatif. Artinya, bayi yang bersama Mauliah dalam kurun waktu setahun terakhir ternyata bukan anak kandung sendiri.

Saat itu, ibu D memang belum bersedia untuk melakukan tes DNA lantaran menurut kuasa hukum D, kliennya sangat terkejut mendengar kabar bayinya tertukar dengan bayi Siti. Sehingga pada Mei 2023, saat pertama kali kabar itu muncul, Ibu D membutuhkan waktu untuk mencerna bagaimana mungkin bayi bisa tertukar.

Kabar terbaru, pihak Siti dan ibu D serta kedua bayi itu sudah menjalani rangkaian tes DNA. Kapolres Bogor AKBP Rio Wahyu Anggoro menyatakan kedua bayi tersebut tertukar dari orang tua aslinya.

Simak berita selengkapnya dalam video berikut!

Jurnalis Video: Afdhalul Ikhsan
Penulis Naskah: Rizkia Shindy
Host: Anggie Puspariana
Video Editor: Agung Setiawan
Produser: Yusuf Reza Permadi

Musik:
Lullaby - JVNA
Aletheia (Unforgetting) - Devon Church
Drifting at 432 Hz - Unic

Video Terkini
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke