Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anies Heran Pemerintah Tak Anggap Serius Persoalan Mahalnya Air Bersih

8 Agustus 2023, 17:11 WIB

Bakal calon presiden (capres) Koalisi Perubahan untuk Persatuan, Anies Baswedan, menyoroti akses terhadap air bersih di Indonesia. Dia bilang, air bersih di Tanah Air harganya sangat mahal, bahkan melebihi harga bahan bakar minyak (BBM). Padahal, Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber air.

Bayangkan, air bersih, di Jawa Barat ini banyak nama dimulai dengan Ci bukan? Karena apa? Air, kata Anies saat berpidato di Gedung Sasana Budaya Ganesha, Bandung, Jawa Barat, Minggu (6/8/2023). Tapi minum air kita lebih mahal daripada BBM kita, tuturnya.

Namun, situasi ini belakangan kian dianggap normal. Seakan masyarakat memang harus membayar mahal untuk sekadar mendapat air bersih. Padahal, kata Anies, negara mestinya bisa menyediakan air bersih dengan harga terjangkau untuk seluruh rakyat.

Anies mengatakan, ketersediaan air bersih merupakan bagian dari pembangunan infrastruktur mikro. Menurutnya, pemerintah seharusnya bukan hanya fokus membangun infrastruktur makro, tetapi juga infrastruktur mikro. Pembangunan keduanya disebut mesti berjalan beriringan.


Simak berita selengkapnya dalam video berikut!

Jurnalis Video: FIR, NIS, HAM, Farida Farhan
Penulis : Fitria Chusna Farisa
Penulis Naskah: Rizkia Shindy
Narator: Rizkia Shindy
Video Editor: Agung Setiawan
Produser: Yusuf Reza Permadi


Musik: Vampire - Emmit Fenn

#AniesBaswedan #Pilpres2024 #jernihmemilih #JernihkanHarapan


Artikel Terkait:
https://nasional.kompas.com/read/2023/08/08/10172321/anies-harga-air-bersih-lebih-mahal-dari-bbm-seakan-ini-bukan-masalah

Video Terkini
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke