Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[FULL] Panglima TNI Kecewa Prajuritnya Terjaring OTT KPK

28 Juli 2023, 21:09 WIB

Komandan Pusat Polisi Militer (Danpuspom) TNI Marsekal Muda Agung Handoko mengatakan Panglima TNI Laksamana Yudo Margono sangat kecewa atas peristiwa operasi tangkap tangan (OTT) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang menciduk prajuritnya. 


Hal itu ia ungkapkan saat memberikan penjelasan terkait dugaan suap yang menjerat Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas), Marsekal Madya Henri Alfiandi. 


Dalam kegiatan tangkap tangan dugaan suap di lingkungan Basarnas itu, KPK menciduk bawahan sekaligus orang kepercayaan Henri Alfiandi, Letkol (Adm) Afri Budi Cahyanto. 


"Yang perlu saya tegaskan di sini bahwa terus terang dengan adanya kejadian tangkap tangan ini khususnya, Panglima sangat kecewa," ujar Agung dalam konferensi pers di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Jumat (28/7/2023). 


"Kecewa karena kenapa korupsi masih terjadi di lingkungan TNI. Itu yang perlu ditegaskan," lanjutnya. 


Panglima TNI disebut sangat berkomitmen dalam menegakkan hukum di lingkungan TNI, khususnya terkait korupsi. Ia pun menjamin bahwa pihak Puspom TNI akan menangani kasus dugaan korupsi yang dibongkar KPK ini dengan transparan. 


Sebelumnya, KPK menetapkan Kabasarnas Marsekal Madya Henri Alfiandi dan orang kepercayaannya, Afri Budi Cahyanto sebagai tersangka.


Mereka diduga menerima suap hingga Rp 88,3 miliar sejak 2021-2023 dari berbagai pihak. 


Informasi selengkapnya dapat disimak dalam video berikut. 


Video Jurnalis: Syakirun Ni'am 

Penulis Naskah: Talitha Yumnaa

Video Editor: Talitha Yumnaa 

Produser: Rakhmat Nur Hakim 


#JernihkanHarapan 

Video Terkait
Video Terkini
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke