Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diam-diam Perwakilan Taliban Kunjungi Indonesia, Ada Apa?

26 Juli 2023, 18:13 WIB

Kementerian Luar Negeri RI pada Selasa (25/7/2023) mengatakan, anggota Taliban dari pemerintahan Afghanistan melakukan "kunjungan tak resmi" ke Indonesia pada awal Juli 2023.

Pemerintahan Taliban yang merebut kembali kekuasaan Afghanistan pada Agustus 2021 berupaya menguatkan pengakuannya di seluruh dunia, termasuk mendekati Indonesia untuk meningkatkan hubungan politik dan ekonomi.

Namun, Indonesia belum mengakui legitimasi Pemerintah Taliban di Afghanistan sejak berkuasa lagi dua dekade setelah pasukan pimpinan AS menggulingkan rezim mereka.

"Setahu saya, mereka di Jakarta secara informal untuk urusan internal dengan perwakilan Afghanistan di sini," kata juru bicara Kemenlu RI Teuku Faizasyah kepada AFP. Dia menambahkan, kunjungan itu tidak bisa disebut delegasi karena dapat menyiratkan semacam formalitas.

Akan tetapi, wakil juru bicara Kementerian Luar Negeri Afghanistan Hafiz Zia Ahmad pada 14 Juli 2023 menulis di Twitter, salah satu diplomat top pemerintah memimpin "delegasi" ke Indonesia.

Delegasi mengadakan pertemuan dan diskusi yang bermanfaat dengan beberapa cendekiawan, politisi, dan pengusaha di Indonesia untuk memperkuat hubungan politik dan ekonomi bilateral, tulisnya. Ia tidak mengungkapkan politisi Indonesia mana yang bertemu dengan delegasi Afghanistan.

Simak berita selengkapnya dalam video berikut!

Penulis : Aditya Jaya Iswara
Penulis Naskah: Rizkia Shindy
Narator: Rizkia Shindy
Video Editor: Agung Setiawan
Produser: Yusuf Reza Permadi

Musik:Drop - Anno Domini Beats

#Taliban #TalibankeIndonesia #JernihkanHarapan


Artikel Terkait:
https://www.kompas.com/global/read/2023/07/26/123100970/anggota-taliban-lakukan-kunjungan-tak-resmi-ke-indonesia-pada-awal-juli

Video Terkini
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke