Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aset Mario Dandy Bisa Disita Jika Tak Mampu Bayar Restitusi ke David Ozora

11 Juli 2023, 11:50 WIB

Ahli pidana dari Universitas Binus, Ahmad Sofian mengatakan jika terdakwa kasus penganiayaan David Ozora, Mario Dandy tak bisa membayar restitusi, bisa diganti dengan perampasan aset.


Ahmad Sofian mengatakan ada beberapa kasus yang menuntut terdakwa jika tak bisa membayar restitusi, aset-asetnya akan disita.


"Jika tidak dibayar itu diganti dengan kurungan tapi dalam beberapa kasus, kasus Heri Irawan yang di Jawa Barat itu jaksa menyatakan jika tidak dibayar akan ada perampasan terhadap harta benda," kata Ahmad Sofian saat jadi saksi ahli pidana di sidang Mario Dandy di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (11/7/2023).


Di sisi lain, kata Ahmad Sofian, restitusi itu bisa diganti dengan kurungan penjara untuk memudahkan Jaksa Penuntut Umum (JPU) melakukan eksekusi kepada terdakwa.


Kendati demikian, Ahmad Sofian mengatakan bahwa JPU tidak bisa menyita aset orang tua Mario Dandy jika Mario tak bisa membayar restitusi. Sebab, jika Mario Dandy masih anak-anak, restitusi itu bisa dibebankan kepada orang tuanya.


Simak informasi selengkapnya dalam video berikut.


Video Jurnalis: Pramulya Sadewa

Penulis Naskah: Pramulya Sadewa

Video Editor: Pramulya Sadewa

Produser: Okky Mahdi Yasser


#MarioDandy #DavidOzora #Restitusi #JernihkanHarapan

Video Terkini
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke