Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Supermoon Akan Terjadi 3 Juli 2023, Fenomena Apakah Itu?

28 Juni 2023, 14:16 WIB

Fenomena astronomi supermoon akan terjadi pada Senin, 3 Juli 2023. Peneliti astronomi dan astrofisika Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Clara Yono Yatini mengatakan, fenomena supermoon dapat disaksikan di seluruh Indonesia. Fenomena supermoon bisa dilihat secara langsung tanpa alat bantu, kata Clara kepada Kompas.com, Senin (26/6/2023).

Supermoon adalah fenomena ketika bulan purnama berada di jarak terdekat dengan Bumi. Hal ini terjadi karena lintasan Bulan mengelilingi Bumi tidak bulat sempurna, tetapi agak elips atau lonjong.

Saat supermoon, bulan purnama menjadi terlihat lebih besar, lebih dekat, dan lebih terang. Bulan purnama terjadi ketika Bulan tepat berseberangan dengan Matahari, Bumi di antara keduanya, ujar peneliti astronomi dan astrofisika Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Clara Yono Yatini. Ia menyebut, hal itu membuat seluruh permukaan Bulan yang menghadap Bumi memantulkan sinar Matahari.

Untuk tahun 2023 ini, supermoon akan terjadi pada 3 Juli 2023, 1 Agustus 2023, 31 Agustus 2023, dan 29 September 2023, paparnya. Ia mengungkapkan, supermoon tidak akan menimbulkan efek berbahaya terhadap Bumi. Namun tak menutup kemungkinan akan ada perubahan pada pasang surut air laut.

Simak selengkapnya dalam video berikut.

Penulis: Aditya Priyatna Darmawan

Penulis Naskah: Rizkia Shindy

Narator: Rizkia Shindy

Video Editor: Dina Rahmawati

Produser: Ira Gita Natalia Sembiring

Music:Future Glider - Brian Bolger

#Supermoon #JernihkanHarapan

Video Terkini
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke