Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Putin Ungkap Bayaran Rusia untuk Wagner Group Rp 15 Triliun

28 Juni 2023, 09:32 WIB

Presiden Rusia Vladimir Putin pada Selasa (27/6/2023) mengungkap jumlah uang yang telah digelontorkan negara untuk membayar kelompok tentara bayaran Wagner.

Grup yang pekan lalu gagal melakukan pemberontakan itu dibayar sekitar 1 miliar dollar AS (Rp 15 triliun.) Negara membayar Grup Wagner 86,262 miliar rubel (Rp 15 triliun) untuk gaji para anggota dan hadiah insentif Mei 2022 hingga Mei 2023, kata Putin, dikutip dari kantor berita AFP.

Angka ini diungkapkan Putin ketika berbicara kepada para pejabat Kementerian Pertahanan, dalam pidato yang disiarkan televisi saat awal pertemuan. Rusia sebelumnya menyangkal keberadaan Wagner, tentara bayaran yang membela kepentingan Moskwa di beberapa negara Afrika dan Timur Tengah.

Namun, karena para prajuritnya merupakan salah satu andalan serangan Rusia di Ukraina, kepala Wagner yaitu Yevgeny Prigozhin, uga mantan koki katering Kremlin, menjadi terkemuka.

Simak selengkapnya dalam video berikut.

Penulis: Aditya Jaya Iswara

Penulis Naskah: Rizkia Shindy

Narator: Rizkia Shindy

Video Editor: Dica Septhian Herlambang

Produser: Ira Gita Natalia Sembiring

Music: Addict - NEFFEX

#WagnerGroup #YevgenyPrigozhin #JernihkanHarapan

Artikel Terkait:

https://www.kompas.com/global/read/2023/06/27/233840570/putin-ungkap-bayaran-rusia-untuk-pasukan-wagner-capai-rp-15-triliun.

Video Terkini
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke