Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Spesifikasi Kapal Selam Titan, Dikendalikan Stik Game hingga Tak Gunakan GPS

27 Juni 2023, 14:29 WIB

Kapal selam wisata Titan yang hilang di lepas pantai Newfoundland, Kanada, sejak Minggu 18 Juni 2023, diketahui meledak di dasar laut. Lima wisatawan di dalam kapal selam milik OceanGate yang sedang ekspedisi menuju bangkai Royal Mail Ship (RMS) Titanic itu dipastikan tewas.

Kelima korban adalah CEO sekaligus pendiri OceanGate, Stockton Rush; pengusaha Inggris, Hamish Harding; miliarder Pakistan, Shahzada Dawood dan putranya Sulaiman Dawood; dan penyelam Prancis, Paul-Henri Nargeolet.

Dikutip dari laman OceanGate, Titan adalah kapal selam dengan simpanan oksigen selama 96 jam. Titan memiliki berat 9.525 kilogram dan dapat melaju dengan kecepatan 3 knot (3-1/2 mil per jam) dengan menggunakan pendorong listrik. Kapal itu dirancang untuk mengangkut hingga lima orang di kedalaman 4.000 meter untuk melihat bangkai kapal pesiar Titanic.

Titan dioperasikan menggunakan pengontrol nirkabel seperti pada perangkat game konsol PlayStation. Ledakan yang dialami kapal tersebut pun memunculkan tanda tanya terkait keamanan teknologi pengontrol tersebut.

Kapal selam ini juga tidak dilengkapi dengan sistem global positioning system (GPS). Namun sebagai gantinya, kapal selam menggunakan Starlink milik Elon Musk yang dikirimkan melalui pesan teks singkat untuk berkomunikasi dengan tim pelacak di kapal induknya, MV Polar Prince.

Simak selengkapnya dalam video berikut.

Penulis: Diva Lufiana Putri, Aditya Jaya Iswara

Penulis Naskah: Rizkia Shindy

Narator: Putri Aulia

Video Editor: Dina Rahmawati

Produser: Adesari Aviningtyas

Music:Familiar Things, Triumph, Feels - Patrick Patrikios

#KapalSelamWisataTitanic #KapalSelamTitanic #Titan #OhBegitu #JernihkanHarapan #SpesialKompascom

Baca artikel terkait: https://www.kompas.com/tren/read/2023/06/21/100500765/spesifikasi-kapal-selam-titan-kendaraan-tur-bangkai-titanic-yang-dilaporkan

Video Terkini
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke