Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kata Kemenlu soal Rencana Evakuasi WNI dari Rusia

26 Juni 2023, 21:00 WIB
Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) menyampaikan, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Rusia akan terus mengevaluasi rencana kontijensi untuk perlindungan Warga Negara Indonesia (WNI) di negara itu. Hal itu diungkapkan Juru Bicara Kementerian Luar Negeri, Teuku Faizasyah saat ditanya rencana evakuasi WNI dari Rusia. Diketahui, situasi di Rusia tengah memanas, menyusul aksi pembelotan tentara bayaran Wagner Group. Adapun rencana kontijensi merupakan tindakan alternatif yang telah disiapkan ketika rencana utama tidak berjalan dengan baik.

 "Kemenlu terus mendapat update dari KBRI di Rusia perkembangan di sana. Sejauh ini sekalipun kondisi sudah lebih kondusif, kontigensi plan yang disiapkan KBRI terus dievaluasi," kata Faiza saat dihubungi Kompas.com, Senin (26/6/2023).

Faiza menyampaikan, hingga kini, perwakilan RI di Rusia terus mengamati kondisi lapangan, guna menjaga para WNI. Nantinya, berbagai hasil pengamatan tersebut bakal dibahas dan diputuskan bersama. Sejauh ini, jumlah WNI yang tinggal di Voronezh 14 orang, dan WNI yang tinggal di Rostov mencapai 11 orang.

Simak selengkapnya dalam video berikut.

Penulis : Fika Nurul Ulya
Penulis Naskah: Musayadah Khusnul Khotimah
Narator: Musayadah Khusnul Khotimah
Video Editor: Fathir Rohman
Produser: Firzha Ananda Putri

Musik: Future Glider - Brian Bolger

#Kemenlu #KBRIRusia #WagnerGroup #JernihkanHarapan

Baca Juga:
https://nasional.kompas.com/read/2023/06/26/13513211/soal-kemungkinan-evakuasi-wni-dari-rusia-kemenlu-terus-evaluasi-rencana
Video Terkini
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke