Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mungkinkah Fajri, Pria Berbobot 300 Kilogram Meninggal Dunia Akibat Obesitas?

22 Juni 2023, 14:24 WIB

Melansir Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), obesitas adalah penyakit kronis yang serius yang biasanya dialami anak-anak maupun orang dewasa.

Obesitas sendiri berkaitan dengan penyebab utama kematian karena orang yang mengalami penyakit itu lebih berisiko mengalami penyakit serius.

Seperti, tekanan darah tinggi dan kolesterol yang berkaitan dengan penyakit jantung, diabetes tipe 2, masalah pernapasan, sendi hingga batu empedu dan penyakit kandung empedu.

Penelitian juga mengungkapkan bahwa obesitas berkaitan dengan penyakit stroke, memicu beberapa jenis kanker, kematian dini, dan penyakit mental, seperti depresi dan kecemasan.

Melihat risiko kesehatan yang ditimbulkan, 44 persen penderita diabetes, 23 persen penderita penyakit jantung, dan 41 persen penderita kanker mengalami penyakit tersebut karena kelebihan berat badan atau obesitas.

Tak heran, obesitas menjadi penyebab kematian nomor 5 di dunia. Setidaknya, 2,8 juta orang dewasa meninggal dunia setiap tahunnya akibat obesitas.


Simak selengkapnya dalam video berikut.


Penulis: Fiqih Rahmawati

Penulis Naskah: Putri Aulia

Narator: Putri Aulia

Video Editor: Putri Aulia

Produser: Rose Komala Dewi

Musik: June - Bobby Richards


#JernihkanHarapan

Video Terkini
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke