Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Spesifikasi Mobil Dinas Presiden Jokowi dan Para Menterinya, Seperti Apa?

21 Juni 2023, 15:52 WIB

Sebagai pejabat negara, presiden dan menterinya tentunya diberikan sejumlah fasilitas oleh negara. Salah satunya adalah mobil dinas. Tak sembarang, mobil dinas yang digunakan presiden dan menterinya ini tentunya memiliki spesifikasi yang canggih.

Untuk Presiden Joko Widodo sendiri, ia diketahui memiliki mobil dinas Mercedes-Benz S600 Guard. Mercedes-Benz S600 Guard sendiri terpilih berdasarkan pertimbangan teknis, termasuk faktor keamanan, keandalan, dan efisiensi biaya pemeliharaan.

Mobil dinas Jokowi mendapat sertifikat perlindungan VR10. Artinya, sedan mewah ini memiliki sertifikasi tingkat perlindungan tertinggi untuk kendaraan non-militer. Bukan hanya itu, mobil tersebut juga mengantongi sertifikasi Explosive Resistant Vehicle (ERV) 2010 sebagai kendaraan tahan ledakan.

Jika mobil dinas Presiden Jokowi adalah Mercedes-Benz S600 Guard, beda halnya dengan mobil dinas para menteri. Para menteri kabinet Indonesia Maju jilid 2 diketahui memakai mobil dinas Toyota Crown 2.5 HV G-Execuctive.

Mobil ini diklaim merupakan mobil ramah lingkungan. Mobil ini dibekali mesin 2.5L Dynamic Force Engine Hybrid System. Tenaganya keseluruhannya diklaim mencapai 223 tk dengan torsi 221 Nm. Konsumsi bahan bakarnya bisa mencapai 19,4 km/L. Untuk transmisinya, mobil ini menggunakan CVT dan sistem penggerak all wheel drive. Dimensinya memiliki panjang 4.910 mm, lebar 1.800 mm, dan tinggi 1.455 mm. Sementara, jarak sumbu rodanya 2.920 mm.

Simak selengkapnya dalam video berikut.

Penulis: Diva Lufiana Putri, Donny Dwisatryo Priyantoro

Penulis Naskah: Rizkia Shindy

Narator: Putri Aulia

Video Editor: Dina Rahmawati

Produser: Adesari Aviningtyas

Music: Tuff Data - Vans in Japan, IT_News - tunestogo, Just Breathing (Instrumental) - NEFFEX

#MobilDinasPresiden #MobilDinasMenteri #Jokowi #OhBegitu #JernihkanHarapan #SpesialKompascom

Video Terkini
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke