Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

NR #65: Kabupaten Puncak, Konflik Sosial, dan Upaya Membangun Daerah Terisolir

21 Juni 2023, 08:56 WIB

Salam Nusaraya! Semangat Bhinneka Indonesia Raya!

Kabupaten Puncak di Papua Tengah merupakan Daerah Otonomi Baru (DOB) yang diresmikan pada 2008 dan merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Puncak Jaya. Di awal pembentukannyai, Kabupaten Puncak harus menghadapi berbagai konflik sosial, baik secara politik maupun yang melibatkan TNI/Polri dan Kelompok Kriminal Bersenjata. 

Demografi wilayah yang berbukit - bukit juga menjadi tantangan tersendiri yang menyebabkan Kabupaten Puncak sempat menjadi daerah yang terisolir. Pemerintah daerah terus berbenah , diantaranya melalui pembangunan infrastruktur, pelayanan kesehatan, serta fasilitas pendidikan. Selain terus melakukan rekonsiliasi untuk mengurangi konflik sosial. 

Hasil pertanian, wisata alam, dan wisata budaya menjadi beberapa potensi yang dimiliki Kabupaten Puncak. Untuk memaksimalkan, pemerintah daerah terus mengupayakan pembangunan jalan - jalan, bandara, serta jaringan telekomunikasi agar dapat menjangkau dan menghubungkan seluruh daerah. 

Simak selengkapnya mengenai potensi dan kekayaan pariwisata lainnya dari Kabupaten Puncak, lewat obrolan bersama Bupati Puncak Willem Wandik, SE.M.Si., Sekretaris Daerah Pemkab Puncak Ir. Darwin H.L. Tobing, M.M., serta Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri Dr. Akmal Malik, M.Si. hanya di Nusaraya.


#nusaraya #bupatipuncakpapua #kabupatenpuncak #willemwandik #kcm #jernihmelihatdunia

Video Terkini
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke