Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Firli Bantah Bocorkan Penyelidikan di Kementerian ESDM

16 Juni 2023, 16:45 WIB
Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri membantah telah membocorkan dokumen penyelidikan dugaan korupsi izin usaha pertambangan (IUP) di Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Pernyataan ini disampaikan Firli saat menanggapi beredarnya video yang disebut memperlihatkan pelaksana harian (Plh) Direktur Jenderal Mineral dan Batubara (Dirjen Minerba), Idris Froyoto Sihite. Dalam video itu, Sihite mengaku mendapatkan dokumen terkait penyelidikan dari Menteri ESDM Arifin Tasrif yang berasal dari Firli Bahuri.

"Saya tidak pernah memberikan dokumen apa pun kepada siapa pun dan tidak pernah memberikan catatan apa pun kepada orang," kata Firli dalam konferensi pers di Gedung Juang KPK, Kamis (15/6/2023).

Firli lantas mengatakan, pimpinan KPK tidak memiliki kesempatan menyalin dokumen penyelidikan dan lainnya yang tergeletak di atas meja kerja mereka. Ia juga mengaku tidak memiliki niatan untuk membocorkan dokumen yang berasal dari KPK.

Menurut Firli, persoalan dugaan kebocoran informasi penyelidikan di Kementerian ESDM akan diungkap dan diumumkan oleh Dewan Pengawas (Dewas) KPK.

Simak selengkapnya dalam video berikut.

Video Jurnalis: TAL
Penulis: Syakirun Ni'am
Penulis Naskah: Rizkia Shindy
Narator: Catalina Junifer Tandean
Video Editor: Catalina Junifer Tandean
Produser: Adisty Safitri
Music: Risk

#KementerianESDM #KorupsiTukin #KPK #JernihkanHarapan

Artikel Terkait:
https://nasional.kompas.com/read/2023/06/15/19392271/firli-bahuri-bantah-bocorkan-informasi-penyelidikan-korupsi-di-kementerian
Video Terkait
Video Terkini
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke