Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bendungan Raksasa Kakhovka Jebol, Rusia-Ukraina Saling Tuding

8 Juni 2023, 13:20 WIB

Bendungan Kakhovka yang berfungsi sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) di Ukraina selatan, hancur sebagian pada Selasa (6/6/2023). Ukraina dan Rusia saling menuduh sebagai pihak yang menghancurkannya. Kantor berita AFP melaporkan, kenaikan permukaan air tercatat di beberapa daerah dekat bendungan Kakhovka.

"Pembangkit listrik tenaga air Kakhovka. Kejahatan perang lain yang dilakukan oleh teroris Rusia. Presiden memanggil Dewan Keamanan Nasional," tulis kepala staf presiden Ukraina, Andriy Yermak, di Telegram. Bendungan Kakhovka, yang direbut Rusia pada awal serangan di Ukraina, memasok air terutama ke semenanjung Crimea yang dianeksasi Moskwa pada 2014.

Beberapa serangan menargetkan bendungan Kakhovka semalam di Nova Kakhovka, kata kepala administrasi kota yang ditunjuk Rusia, Vladimir Leontiev. Ia juga mengklaim bahwa katup gerbang bendungan dihancurkan sehingga menyebabkan aliran air tak terkendali.

Simak selengkapnya dalam video berikut.

Penulis: Irawan Sapto Adhi, Aditya Jaya Iswara

Penulis Naskah: Rizkia Shindy

Host: Michaela Winda Saputra

Video Editor: Dina Rahmawati

Produser: Adesari Aviningtyas

Musik: Kings Men

#Kherson #BendunganKakhovka #UkrainaRusia #NewsUpdate #JernihkanHarapan #LivestreamingKompascom

Baca artikel terkait: https://www.kompas.com/global/read/2023/06/07/074400770/seberapa-fatal-imbas-bendungan-besar-di-kherson-ukraina-jebol-akibat?page=all#page2

Video Terkini
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke