Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

NR #61: Andalkan Hasil Tani hingga Potensi Perbatasan, Bengkayang Genjot Infrastruktur Daerah

2 Juni 2023, 16:09 WIB

Salam Nusaraya! Semangat Bhinneka Indonesia Raya!

Kabupaten Bengkayang di Kalimantan Barat merupakan Daerah Otonomi Baru (DOB) yang resmi berdiri pada April 1999. Letak Bengkayang berbatasan langsung dengan Serawak - Malaysia dan Laut Natuna, serta memiliki 12 pulau, dimana lima di antaranya telah berpenghuni. 

  

Letaknya sebagai wilayah perbatasan membuat Bengkayang potensial sebagai jalur bisnis, sekaligus memiliki tantangan dalam penjagaan keamanan dari penyalahgunaan jalur. Pemerintah daerah terus melakukan antisipasi melalui pembangunan infrastruktur yang terus dimaksimalkan dan kerja sama dengan pemerintah pusat terkait penjagaan keamanan. 


Dengan topografi yang meliputi dataran tinggi dan pesisir, Bengkayang juga memiliki berbagai wisata unik dengan beragam karakteristik mulai dari daerah perbatasan, kota, serta pesisir dan pulau, yang patut dikunjungi wisatawan. Pemerintah juga turut memberdayakan warga lokal dan suku asli sebagai bagian dari wisata budaya daerah. 


Simak selengkapnya mengenai potensi dan kekhasan lain dari Kabupaten Bengkayang, lewat obrolan bersama Bupati Sebastianus Darwis, SE.,MM., hanya di Nusaraya.


#nusaraya #bupatibengkayang #kabupatenbengkayang #sebastianusdarwis #kcm #jernihmelihatdunia

Video Terkini
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke