Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dinas SDA Jakarta Bersihkan Saluran Air di Ruko Pluit yang "Makan Jalan"

29 Mei 2023, 12:25 WIB

Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Utara membersihkan saluran air yang dipenuhi oleh batu dan sampah, serta membuat bak kontrol untuk mengantisipasi terjadinya banjir di ruko Pluit yang mencaplok bahu jalan, Senin (29/5/2023).

Sebelumnya, saluran air di deretan ruko Pluit tersebut hitam dipenuhi lumpur dan sampah. Tampak saluran air tersebut tersumbat.

Satuan Gugus Tugas (Satgas) SDA, Agus, mengatakan bahwa saat ini saluran air sudah tidak lagi tersumbat dan dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

Ia juga mengatakan, setidaknya deretan ruko Pluit tersebut memiliki bak kontrol saluran air agar aliran air dapat terpantau dan tidak terjadi banjir.

Biaya penggalian lubang dan pembersihan saluran air itu pun ditanggung oleh SDA Jakarta Utara. Hal tersebut disampaikan Agus saat ditemui di ruko Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara, Senin (29/5/2023).

Sebelumnya, Pemerintah Kota Jakarta Utara membongkar paksa deretan ruko RT 011/RW 03 di Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara pada Rabu (24/5/2023).

Keputusan pembongkaran diambil setelah deretan ruko tersebut terbukti melanggar garis sempadan bangunan (GSB) dan izin mendirikan bangunan (IMB) karena mencaplok bahu jalan dan saluran air.

Simak selengkapnya dalam video berikut ini.

Video Jurnalis: Claudia Aviolola

Produser: Okky Mahdi Yasser

Musik: Fat Man-Yung Logos

#RukoPluit #SatpolPP #Pluit #JernihkanHarapan

Video Terkini
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke