Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

9 Lokasi Pembangunan Menara BTS dan Manfaatnya Apabila Tak Dikorupsi

24 Mei 2023, 16:44 WIB

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate resmi ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan korupsi penyediaan menara Base Transceiver Station (BTS) 4G dan infrastruktur pendukung paket 1, 2, 3, 4, dan 5 Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kominfo tahun 2020-2022. Status tersangka Johnny Plate ini ditetapkan pada Rabu (17/5/2023) siang.

Direktur Penyidikan (Dirdik) Jampidsus Kejagung Kuntadi menjelaskan, Sekretaris Jenderal Partai Nasdem itu berperan sebagai pengguna anggaran dalam proyek BTS 4G dan paket infrastruktur Bakti Kominfo.

Sebelum terjun ke proyek BTS 4G yang menyeret Johny dkk, ada baiknya untuk mengenal apa fungsi dari BAKTI Kominfo. Menurut situs baktikominfo.id, BAKTI adalah unit organisasi non-eselon yang berada di bawah payung Kemenkominfo, yang menerapkan pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum (BLU). BAKTI berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Menteri, dan BAKTI sendiri dipimpin oleh direktur utama (Dirut).

BAKTI mempunyai tugas melaksanakan pengelolaan pembiayaan Kewajiban Pelayanan Universal/Universal Service Obligation (KPU/USO) dan penyediaan infrastruktur dan layanan telekomunikasi dan informatika di seluruh wilayah Indonesia.

Untuk melaksanakan kewajiban tersebut, BAKTI memiliki sejumlah proyek, salah satunya adalah proyek pembangunan 7.904 BTS 4G di wilayah Terdepan, Terpencil dan Tertinggal (3T) pada 2021-2022. Proyek inilah yang menyeret Menkominfo Johnny Plate ke ranah hukum. Lantas dimana saja lokasi pembangunan dan manfaat dari proyek ini?

Simak selengkapnya dalam video berikut.

Penulis: Bill Clinten, Erwina Rachmi Puspapertiwi

Penulis Naskah: Rizkia Shindy

Narator: Timothy Afryano

Video Editor: Alfiyan Oktora Atmajaya

Produser: Adesari Aviningtyas

Music: Phantom - Density & Time

#BaktiKominfo #JohnnyGPlate #OhBegitu #JernihkanHarapan #SpesialKompascom

Baca artikel terkait: https://tekno.kompas.com/read/2023/05/17/19000057/mengenal-proyek-bts-4g-bakti-yang-membuat-menkominfo-johnny-g-plate-jadi?page=all

Video Terkini
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke