Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AG Ajukan Kasasi Usai Banding Vonis 3,5 Tahun Penjara Ditolak Pengadilan Tinggi

23 Mei 2023, 12:50 WIB

Terdakwa anak AG (15) resmi mengajukan kasasi atas putusan banding Pengadilan Tinggi (PT) DKI Jakarta yang menguatkan vonis tiga tahun dan enam bulan penjara yang sebelumnya dikeluarkan Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan. Pengajuan kasasi itu dilakukan AG melalui kuasa hukumnya, Mangatta Toding Allo ke Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan.

"Betul, kami sudah mengajukan kasasi ke PN Jakarta Selatan, kemarin," ujar dia saat dihubungi, Kamis (11/5/2023).

Mangatta juga membeberkan sejumlah alasan yang dapat menunjukkan bahwa kliennya bukanlah pihak yang turut serta merencanakan penganiayaan berat Mario Dandy Satrio (20) terhadap D (17).

Pertama, pada hari penganiayaan terjadi, yakni Senin, 20 Februari 2023, AG tidak pernah menginisiasi pertemuan Mario Dandy dengan D. Sebab pada hari itu, AG sejatinya berencana melakukan perawatan wajah bersama sang ibunda di salah satu pusat perbelanjaan Bintaro, usai pulang dari sekolah.

Kedua, sebagaimana yang telah disampaikan dalam sidang tingkat pertama di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Mangatta menyebutkan, Mario Dandy sengaja bolos dari tempat magangnya pada hari penganiayaan itu. Mario Dandy malah menjemput AG di sekolah dan melakukan aktivitas bersama-sama seharian, termasuk penganiayaan berat terhadap D.

Ketiga, Mangatta menekankan, Mario Dandy sudah mengakui serangkaian peristiwa ini di persidangan. Putera Rafael Alun Trisambodo, pejabat di Dirjen Pajak itu disebut sudah mengakui bahwa pertemuannya dengan D hingga akhirnya penganiayaan terjadi adalah inisiatifnya sendiri, bukan AG.

Simak selengkapnya dalam video berikut.

Video Jurnalis: Fabian J Kuwado, Pramulya Sadewa

Penulis: Dzaky Nurcahyo, Larissa Huda, Tria Sutrisna

Penulis Naskah: Rizkia Shindy

Host: Anasthasya

Video Editor: Dina Rahmawati

Produser: Adesari Aviningtyas

Musik: The War Suspense Drone - boomoper

#AG #MarioDandy #DavidOzora #NewsUpdate #JernihkanHarapan

Video Terkini
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke