Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Detik-detik Menegangkan Lengsernya Soeharto, Kesaksian Yusril dan Eks Wartawan Kompas

22 Mei 2023, 19:23 WIB

Selama 25 tahun sudah Soeharto lengser dari kursi presiden. Pada 21 Mei 1998, Soeharto membacakan pidato pengunduran dirinya di Istana Kepresidenan, Jakarta.


Lengsernya Soeharto diawali dengan krisis ekonomi dan politik. Ketidakpuasan masyarakat atas tekanan terhadap kebebasan politik, diikuti dengan ketidakmampuan rezim mengelola perekonomian.


Gelombang protes yang terbungkam sejak lama tak terbendung. Di tengah naiknya harga kebutuhan pokok, amarah masyarakat terhadap Soeharto makin menjadi-jadi. 


Seluruh elemen masyarakat pun bersatu. Mulai dari mahasiswa, intelektual, hingga rakyat biasa kompak menginginkan Soeharto mundur. Semuanya turun ke jalan menyuarakan lengsernya Soeharto.


Situasi keamanan pun memanas. Puncaknya, mahasiswa menduduki Gedung DPR. Di tengah situasi chaos itu, mantan wartawan harian Kompas Joseph Osdar, dan pakar hukum tata negara Yusril Ihza Mahendra yang saat itu bertugas menulis teks pidato mundurnya Soeharto, menyaksikan langsung detik-detik momen bersejarah tersebut. 


Simak selengkapnya dalam video berikut:


Penulis Naskah: Syalutan Ilham

Video Jurnalis: Syalutan Ilham, Nissi Elizabeth

Video Editor: Syalutan Ilham

Produser: Rakhmat Nur Hakim


#jernihkanharapan

Video Terkini
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke