Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sering Alami Kesemutan? Waspadai 8 Penyakit Ini

22 Mei 2023, 16:18 WIB

Kesemutan, atau dalam istilah medis disebut parestesia, umumnya ditandai dengan rasa kebas atau mati rasa yang disertai sensasi seperti tertusuk jarum. Kondisi ini dapat terjadi di bagian tubuh mana pun, tetapi paling sering terjadi di tangan dan kaki.

Kesemutan biasanya terjadi sementara. Ini terjadi akibat adanya tekanan di bagian tubuh tertentu dalam waktu lama. Hal ini membuat aliran darah ke saraf menjadi terhambat sehingga terjadilah kesemutan.

Ada beberapa kondisi yang dapat menyebabkan terjadinya kesemutan yang bersifat sementara, salah satu contohnya seperti duduk bersila dalam waktu lama. Karena bersifat sementara, kondisi ini bisa mereda dengan sendirinya bila tidak ada lagi tekanan di bagian tubuh. Misalnya, Anda bisa meluruskan kaki setelah duduk bersila. Dengan demikian, aliran darah pun akan kembali lancar.

Namun jangan salah, terkadang sering kesemutan bisa jadi gejala dari penyakit tertentu. Dilansir dari WebMD, kesemutan tanda penyakit biasanya dibarengi dengan gejala lainnya. Yakni seperti neuropati diabetik, sindrom saraf, penyakit sistemik, kekurangan vitamin, penyakit autoimun, dan masih banyak lainnya.

Simak selengkapnya dalam video berikut.

Penulis: Muhamad Syahrial, Ria Apriani Kusumastuti

Penulis Naskah: Rizkia Shindy

Narator: Timothy Afryano

Video Editor: Dina Rahmawati

Produser: Adesari Aviningtyas

Music: Ruination, Spanish Summer, Undeniable

#Kesemutan #OhBegitu #JernihkanHarapan #SpesialKompascom

Video Terkini
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke