Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fahri Hamzah Blak-blakan Sisi Lain Prabowo Saat Reformasi 1998

22 Mei 2023, 10:35 WIB

Nama Prabowo Subianto kerap disebut dalam peristiwa Reformasi 1998. Menteri Pertahanan itu disinyalir terlibat dalam penculikan sejumlah aktivis pada 1998, tepatnya ketika ia menjabat sebagai Komandan Jenderal Kopassus. 


Prabowo disebut-sebut mendalangi penculikan para aktivis lewat tim mawar, sebuah tim yang menjadi bagian dari Kopassus. Tim mawar dibentuk oleh Kopassus saat dipimpin Prabowo. Prabowo kala itu memerintahkan Mayor Bambang Kristiono membentuk tim khusus. Tim itu bertugas memantau pergerakan kelompok oposisi yang radikal terhadap Soeharto.


Sebanyak 14 aktivis diculik oleh tim mawar. Sebanyak 9 orang di antaranya dipulangkan. Namun 5 orang sisanya hingga kini tak diketahui rimbanya. Penculikan para aktivis oleh tim mawar kemudian menjadi salah satu alasan Prabowo diberhentikan dari TNI saat disidang oleh Dewan Kehormatan Perwira .


Kendati demikian, mantan Ketua Umum Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia Fahri Hamzah memiliki sudut pandang lain terhadap Prabowo. Dalam kesaksiannya, Fahri Hamzah mengatakan Prabowo justru beberapa kali menghadiri acara aktivis mahasiswa sebelum Soeharto lengser. Ia pun beberapa kali mendengar Prabowo berpidato di acara tersebut.


Simak selengkapnya dalam video berikut.


Video Jurnalis: Firda Rahmawan

Penulis Naskah: Firda Rahmawan

Pengisi Suara: Claudia Aviolola

Video Editor: Firda Rahmawan

Produser: Rakhmat Nur Hakim


Video Terkait
Video Terkini
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke