Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Johnny G Plate Tersangka, Nasdem Berupaya Amankan 2 Menterinya?

19 Mei 2023, 11:08 WIB

Pengamat politik dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Wasisto Raharjo Jati menilai keputusan Partai Nasdem untuk tidak mengajukan pengganti Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate yang menjadi tersangka korupsi, tak lain untuk mengamankan posisi dua menteri dari Nasdem lainnya.

Dua menteri itu yakni Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dan Menteri Lingkungan Hidup, serta Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar.

"Langkah tersebut merupakan bagian dari upaya Nasdem untuk tetap menjaga status quo dengan menyerahkan segala urusan pada presiden," kata Jati, Kamis (18/5/2023).

Sebelumnya, Surya Paloh mengatakan, Nasdem tidak akan mengajukan pengganti Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate yang saat ini ditahan oleh Kejaksaan Agung RI. Ia menegaskan bahwa penentuan menteri sepenuhnya merupakan hak prerogatif presiden.

Simak selengkapnya dalam video berikut.

Penulis: Syakirun Ni’am

Penulis Naskah: Michaela Winda Saputra

Narator: Michaela Winda Saputra

Video Editor: Dimitri Quiny

Video Jurnalis: FIR, LOL, NIS, HAM

Produser: Adesari Aviningtyas

Musik: Manifest It (Instrumental) - NEFFEX

#JohnnyGPlate #SuryaPaloh #Nasdem #JernihkanHarapan

Baca artikel terkait: https://nasional.kompas.com/read/2023/05/18/18595951/tak-ajukan-pengganti-menkominfo-disebut-jadi-cara-nasdem-amankan-2-menteri

Video Terkini
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke