Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pro-Kontra Ibu Pekerja vs Ibu Rumah Tangga

8 Mei 2023, 18:52 WIB

Ibu yang bekerja masih kerap mendapatkan stigma negatif karena dianggap mengabaikan anak-anaknya. Daripada ibu rumah tangga, mereka dinilai lebih mengutamakan karier dibandingkan tumbuh kembang buah hatinya. Faktanya, riset di tahun 2018 membuktikan jika ibu bekerja memberikan manfaat tersendiri untuk anak-anaknya hingga di masa depan. Tim peneliti dari Amerika Serikat dan Inggris menganalisis data lebih dari 100.000 pria dan wanita di 29 negara untuk memastikan hal ini.


Hasilnya, anak perempuan yang dibesarkan di rumah dengan ibu yang bekerja lebih cenderung tumbuh untuk memiliki karier yang sukses. Sedangkan anak laki-laki dari ibu yang bekerja cenderung meluangkan lebih banyak waktu untuk merawat anggota keluarganya termasuk mengerjakan pekerjaan rumah tangga. Namun, penelitian ini tidak mengatakan bahwa anak-anak dari ibu yang bekerja adalah orang yang lebih bahagia atau lebih baik, dan tidak mengatakan ibu yang bekerja lebih baik. Akan tetapi, temuan ini memberikan dukungan positif untuk para perempuan yang selama ini kerap dicitrakan negatif karena berkarier di luar rumah.


"Temuan ini menambah semakin banyak penelitian yang memberikan tandingan terhadap keyakinan dan retorika yang terus-menerus bahwa wanita yang bekerja secara negatif mempengaruhi keluarga dan masyarakat mereka," pungkas McGinn seorang profesor di Harvard Business School dan penulis utama studi tersebut.

Simak selengkapnya dalam video berikut.

__________

Host: Vanessa Benedicta

Video Editor: Vanessa Benedicta

Produser: Nibras Nada Nailufar

#workingmom #iburumahtangga #orangtua #fatherless #kreasikompascom

Jelajahi Tentang
Video Terkait
Video Terkini
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke