Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Usir Ular dari Rumah yang Efektif, Bukan Pakai Garam!

2 Mei 2023, 15:48 WIB

Saat musim hujan, tak sedikit masyarakat yang mengeluh menemukan ular di sekitar rumahnya. Jenis ular yang biasanya berkeliaran di sekitar permukiman saat musim hujan adalah ular kobra jawa.

Ahli Herpetologi (reptil dan amfibi) dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Amir Hamidy, mengatakan, ular memang banyak muncul dan ditemukan saat musim hujan. Menurut dia, ada dua faktor yang jadi penyebabnya.

"Pertama, karena memang volume air meningkat, baik di tanah maupun di permukaan. Sehingga hewan tanah seperti ular atau cacing tanah akan keluar, karena tempat mereka tinggal terisi air," ujar Amir saat dihubungi Kompas.com, Minggu (21/11/2021). Kedua, pada awal musim hujan merupakan musim telur ular menetas baik ular berbisa maupun ular biasa.

Lantas bagaimana tips ampuh mengusir ular dari rumah? Ahli Herpetologi Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Amir Hamidy menyebut, untuk mengusir ular, rumah harus dibersihkan dari tempat-tempat yang disukai reptil ini, seperti tempat yang gelap dan lembap.

Amir menambahkan, pemilik rumah harus rutin membuang sampah setiap hari karena berpotensi mengundang tikus. Hewan pengerat ini salah satu makanan utama bagi ular. Rumah kotor akan mengundang tikus yang lalu membuat ular masuk.

Di sisi lain, ia membantah kemungkinan ular dapat diusir menggunakan bahan-bahan dapur, seperti garam. Menurut dia, pemilik rumah yang menebarkan bumbu dapur ke sekeliling rumah justru akan sia-sia.

Simak selengkapnya dalam video berikut.

Penulis: Erwina Rachmi Puspapertiwi, Retia Kartika Dewi

Penulis Naskah: Rizkia Shindy

Narator: Putri Aulia

Video Editor: Dina Rahmawati

Produser: Adesari Aviningtyas

Music: Chasing Time, Future Glider - Brian Bolger, Savior Search - DJ Freedem

#Ular #TipsUsirUlar #OhBegitu #JernihkanHarapan #SpesialKompascom

Video Terkini
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke