Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Pertama Belum Ada Caleg yang Daftar ke KPUD Jateng

2 Mei 2023, 11:33 WIB

SEMARANG, KOMPAS.TV - Hari pertama pendaftaran DPRD dan DPD di KPUD Jateng masih sepi. Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPUD Jateng, Putnawati, mengatakan hari Senin (1/5/2023)  pihaknya mulai membuka pendaftaran caleg bagi DPRD dan DPD pendaftaran bagi calon legeslatif ini mulai 1 Mei hingga 14 Mei 2023.

Selama masa pendaftaran, pihaknya melayani mulai dari pukul 08.00 - 16.00 WIB, sedangkan pada hari terakhir pendaftaran dilayani hingga pukul 23.59 WIB.

Namun, pada hari pertama ini belum ada parpol yang mendaftarkan diri sebagai caleg dan DPD, sehingga pihaknya akan melayangkan surat kepada parpol dan calon anggota DPD, kapan mereka akan mendaftarkan diri ke KPU Jateng.

"Untuk hari ini Senin (1/5/2023) belum ada yang mendaftar. Nanti kami akan berkirim surat ke partai politik dan bakal calon anggota DPD, untuk mereka memberi tahukan kepada kami kapan mereka ini akan mendaftarkan ke KPU Jateng," jelas Putnawati.

Meskipun belum ada yang mendaftarkan diri, namun parpol maupun calon anggota DPD sudah saling berkomunikasi terkait pendaftaran ini. KPUD Jateng berharap parpol tidak mepet mendaftarkan calegnya pada hari-hari terakhir karena akan dilakukan pengecekan kelengkapan berkas syarat pencalonan tersebut.

Setelah ini pada 15 Mei 2023 hingga 23 Juni 2023 akan dilakukan verifikasi administrasi dokumen syarat pencalonan, 26 Juni hingga 9 Juli 2023 pengajuan pebaikan. Sedangkan 10 Juli hingga 6 Agustus 2023 dilakukan verifikasi administrasi perbaikan dokumen persyaratan balon tersebut, dan setelah itu mulai dilakukan penyusunan daftar calon sementara.

#kpudjateng #parpol #dpd

 

Artikel ini bisa dilihat di : https://www.kompas.tv/article/402791/hari-pertama-belum-ada-caleg-yang-daftar-ke-kpud-jateng
Video Terkini
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke