Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesawat Evakuasi Turkiye Ditembak di Sudan, Tentara dan RSF Saling Tuding

29 April 2023, 16:43 WIB

Angkatan bersenjata Sudan menuduh pasukan paramiliter Rapid Support Forces (RSF) menembak pesawat Turkiye di di utara ibu kota negara, Khartoum. Pesawat pesawat militer C-130 tersebut ditembak sebelum mendarat untuk mengevakuasi warga negara Turkiye yang terdampar di Sudan di tengah konflik yang berkecamuk di negara tersebut.

Dilansir dari Anadolu Agency, Jumat (28/4/2023), angkatan bersenjata Sudan menyampaikan bahwa pesawat tersebut terkena tembakan RSF saat bersiap mendarat di bandara Wadi Sayyidna.

Akibat penembakan tersebut, kata angkatan bersenjata Sudan, pesawat mengalami kerusakan di sistem bahan bakarnya dan melukai salah satu awaknya. Meski demikian, pesawat Turkiye berhasil mendarat dengan selamat di bandara. Setelah itu, pesawat C-130 menjalani perbaikan.

Angkatan bersenjata Sudan memperingatkan agar kombatan RSF tidak berupaya menghalangi operasi evakuasi negara-negara lain. Pada Jumat pagi, Kementerian Pertahanan Nasional Turkiye mengonfirmasi bahwa pesawat militer C-130 miliknya diserang saat melakukan misi evakuasi.

Simak selengkapnya dalam video berikut.

Penulis: Danur Lambang Pristiandaru

Penulis Naskah: Rizkia Shindy

Narator: Rizkia Shindy

Video Editor: Dariz Kartika

Produser: Ira Gita Natalia Sembiring

Music: What You Used To Be — Mauro Somm

#RSF #Turkiye #Sudan #JernihkanHarapan

Artikel Terkait:

https://www.kompas.com/global/read/2023/04/29/071500870/rsf-dituding-tembak-pesawat-turkiye-yang-lakukan-evakuasi-di-sudan.

Video Terkini
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke