Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AS Terjunkan Pasukannya ke Dekat Sudan, Ada Apa?

21 April 2023, 17:10 WIB
Pentagon memindahkan pasukan dan perlengkapan ke pangkalan Angkatan Laut (AL) di Djibouti, mempersiapkan evakuasi staf dan keluarga dari Kedubes AS di Sudan, Kamis (20/4/2023).

Dua pejabat pemerintahan Biden mengatakan, penempatan pasukan AS di Camp Lemmonier di Djibouti diperlukan karena situasi tidak menentu di Sudan, di mana pertempuran berlangsung sengit antara dua faksi yang bertikai.

Pejabat-pejabat tersebut berbicara dengan anonim untuk menggambarkan perencanaan evakuasi. Perencanaan tersebut dimulai hari Senin setelah konvoi Kedutaan Besar AS diserang di Khartoum, ibu kota Sudan.

Dalam pernyataan tersebut, Pentagon mengatakan akan menggelar "kemampuan tambahan" ke wilayah tersebut untuk memfasilitasi evakuasi personel Kedutaan Besar AS dari Sudan jika diperlukan, tetapi tidak memberikan detail, dan tidak menyebutkan lokasi.

Kondisi keamanan di Khartoum dan tempat lainnya sejauh ini membuat Departemen Luar Negeri tidak bisa melaksanakan "keberangkatan teratur," langkah yang akan meminta staf untuk meninggalkan negara tersebut.

Simak selengkapnya dalam video berikut.

Penulis Naskah: Rizkia Shindy

Narator: Rizkia Shindy

Video Editor: Dimitri Quiny

Produser: Adesari Aviningtyas

Music: Warzone - Anno Domini Beats

#Sudan #AS #JernihkanHarapan

Video Terkait
Video Terkini
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke