Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemenag Tetapkan 1 Syawal 1444 H pada Sabtu 22 April 2023 | Gerhana Matahari Hibrida

20 April 2023, 21:02 WIB

High Five kembali dengan berita dan informasi terpopuler edisi 20 April 2023.

1. Kementerian Agama RI telah mengumumkan hasil sidang isbat untuk menentukan 1 Syawal 1444 H dan Hari Raya Idul Fitri 1444 H. Dari sidang isbat tersebut, Kemenag memutuskan agar 1 Syawal 1444 H akan jatuh pada Sabtu, 22 April 2023.


2.Fenomena  gerhana Matahari hibrida menghiasi langit pada Kamis, 20 April 2023 di hampir seluruh wilayah Indonesia. Fenomena gerhana Matahari ini hanya dapat dilihat di beberapa daerah, sementara mayoritas daerah lain  mengalami gerhana Matahari sebagian.


3. China menyatakan siap membantu memfasilitasi pembicaraan damai antara Israel dan Palestina. Hal itu disampaikan Menteri Luar Negeri China, Qin Gang, Senin (17/4/2023). Ia menyatakan keprihatinan China atas meningkatnya ketegangan antara Israel dan Palestina.


4. Masih terjadi pertempuran di ibu kota Sudan pada Kamis pagi meskipun kedua belah pihak yang berperang telah mengumumkan akan mematuhi gencatan senjata 24 jam yang baru. Diketahui upaya gencatan senjata sebelumnya gagal di awal minggu. Upaya gencatan senjata dilakukan setelah jutaan orang Sudan berada di ambang bencana.


5. Eksistensi Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) mengganggu keamananan di sejumlah kabupaten di Provinsi Papua sulit dihentikan selama mereka masih bisa membeli senjata api dan amunisi. Sumber dana KKB menjadi pertanyaan banyak pihak karena tidak sedikit uang yang dibutuhkan. Lantas, dari mana kah sumber dana dan senjata KKB?


Penulis Naskah: Elisabeth Putri Mulia

Narator: Musayadah Khusnul Khotimah

Video Editor: Menika Ambar Sari

Produser: Firzha Ananda Putri

Musik :

Pray - Anno Domini Beats
Shesh Pesh - JR Tundra
Demon - JVNA
Dakar Flow - Carmen María and Edu Espinal
Poisoned Rose - Aakash Gandhi
Lunar Levitation - Aakash Gandhi

#HighFive #Populer #JernihkanHarapan

Video Terkini
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke