Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menag hingga Muhammadiyah Imbau Saling Toleransi soal Potensi Perbedaan Idul Fitri

20 April 2023, 11:41 WIB
Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar sidang isbat penentuan Hari Raya Idul Fitri 2023 pada Kamis (20/4/2023) atau bertepatan dengan 29 Ramadhan 1444 Hijriyah. Nantinya, Kemenag akan menggelar pemantauan (rukyatul) hilal penentuan Lebaran 2023 di 123 titik lokasi yang tersebar di seluruh Indonesia.

Sementara itu, Nahdlatul Ulama (NU) akan menetapkan 1 Syawal 1444 H berdasarkan kriteria imkanur rukyat atau visibilitas hilal MABIMS. Ketinggian hilal pada 29 Ramadhan 1444 H sudah di atas ufuk saat Matahari terbenam, tetapi masih di bawah kriteria minimum imkanur rukyah (visibilitas) atau kemungkinan hilal dapat terlihat yaitu 3 derajat dan elongasi 6,4 derajat. Oleh karena itu, sama seperti pemerintah, menurut NU juga ada kemungkinan perbedaan lebaran 2023.

Sementara Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah sudah mengumumkan kapan Hari Raya Idul Fitri 2023 atau 1 Syawal 1444 H melalui hasil hisab Ramadhan, Syawal, dan Zulhijjah 1444 H pada Februari lalu. Hasilnya, Muhammadiyah menetapkan Lebaran Idul Fitri atau 1 Syawal 1444 H jatuh pada 21 April 2023.

Terkait potensi perbedaan waktu Hari Raya Idul Fitri 2023, Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengimbau umat Islam untuk tetap menjaga toleransi. Hal senada juga disampaikan Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir. Ia menekankan, warga Muslim perlu bersikap saling menghargai yang dapat diwujudkan dengan saling bantu saat melakukan takbir keliling.

Simak selengkapnya dalam video berikut.

Penulis: Alicia Diahwahyuningtyas | Miska Ithra Syahirah | Ahmad Naufal Dzulfaroh | Aryo Putranto Saptohutomo | Kontributor Yogyakarta, Wisang Seto Pangaribowo | Dandy Bayu Bramasta

Penulis Naskah: Rizkia Shindy

Host: Michaela Winda

Video Editor: Dina Rahmawati

Produser: Adesari Aviningtyas

Musik: Arabian Nightfall - Doug Maxwell Media Right Productions, September Pass

#Lebaran2023 #IdulFitri2023 #NewsUpdate #JernihkanHarapan

Video Terkini
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke