Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konvoi Diplomatik AS Ditembaki di Sudan| Keputusan Pemerintah dan Muhammadiyah soal Waktu Lebaran

19 April 2023, 20:32 WIB

High Five kembali dengan berita dan informasi terpopuler edisi 19 April 2023.

1. Pemerintah menyatakan keputusan penetapan 1 Syawal 1444 Hijriah menunggu hasil sidang isbat yang bakal digelar pada Kamis (20/4/2023). Selain itu, Kementerian Agama juga akan melakukan pemantauan hilal di 123 titik lokasi di seluruh Indonesia.


2. Di sisi lain, Pimpinan Pusat Muhammadiyah telah lebih dulu menetapkan Lebaran 2023 jatuh pada Jumat (21/4/2023). Hal itu merujuk pada ijtimak menjelang Syawal 1444 H yang dilakukan pada Kamis (20/4/2023) pukul 11.15 WIB.


3.Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Antony Blinken mengeklaim bahwa konvoi diplomatik AS ditembaki di Sudan, Selasa (18/4/2023). Dalam pernyataannya, Blinken menekankan pentingnya gencatan senjata antara tentara Sudan dan paramiliter Rapid Support Forces (RSF).


4.Diberitakan, ledakan keras dan tembakan terdengar di Ibu Kota Sudan, Khartoum pada Selasa (18/4/2023). Kepulan asap terlihat dari sebuah bangunan di Ibu Kota Khartoum setelah ledakan keras terjadi. Insiden itu terjadi ketika tentara Sudan dan paramiliter RSF bertempur di jalan-jalan untuk menguasai negara.


5. Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengonfirmasi bahwa ia bertemu dengan Presiden Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu. Ia mengaku, menerima kunjungan Ahmad Syaikhu pada Sabtu (15//4/2023). Namun, ia tak menyebut tempat pertemuan keduanya. Mahfud juga membenarkan bahwa ada pembicaraan mengenai skema calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) untuk Pemilihan Umum Pemilu 2024.


Penulis Naskah: Musayadah Khusnul Khotimah

Narator: Elisabeth Putri Mulia

Video Editor: Menika Ambar Sari

Produser: Firzha Ananda Putri

Musik :

Pray - Anno Domini Beats

Demon - JVNA

Savior Search - DJ Freedem

Buccaneer’s March - Aakash Gandhi

Dakar Flow - Carmen María and Edu Espinal

Interstellar Mood - Nico Staf

#HighFive #Populer #JernihkanHarapan #SuaraKompas

Video Terkini
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke