Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

#NR 53: Calon Penyangga IKN yang Kaya Potensi di Ujung Kalimantan Selatan

19 April 2023, 08:58 WIB

Salam Nusaraya! Semangat Bhinneka Indonesia Raya!

Terletak di ujung utara provinsi Kalimantan Selatan, Kabupaten Tabalong menyimpan banyak potensi daerah untuk menyambut kehadiran ibu kota baru, IKN (Ibu Kota Nusantara). Letaknya yang berbatasan langsung dengan Provinsi Kalimantan Tengah dan Kalimantan Timur membuat Tabalong sangat strategis sebagai daerah penyangga ibu kota baru. 

Berbagai persiapan seperti infrastruktur dan Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas terus dilakukan. Pembangunan infrastruktur seperti jalan Nan Sarunai bahkan mampu menumbuhkan ekonomi Tabalong hingga 5,30 persen pada 2022. Dari sisi SDM, berbagai pelatihan dilakukan guna mempersiapkan tenaga kerja yang mampu mendukung keberadaan ibu kota baru nantinya. 

Pemerintah daerah juga kini tengah mempersiapkan tata ruang kawasan industri untuk mendukung keberadaan pusat industri menengah ke bawah di Tabalong. Sektor pariwisata dan pertanian yang mengandalkan potensi alam juga semakin diprioritaskan untuk terus mengurangi ketergantungan daerah pada sektor tambang.

Ingin tahu bagaimana Kabupaten Tabalong bersiap menyambut ibu kota baru? Simak obrolan lengkapnya bersama Bupati Tabalong Drs. H. Anang Syakhfiani, M.Si, hanya di Nusaraya.


#nusaraya #bupatitabalong #kabupatentabalong #anangsyakhfiani #kcm

Video Terkait
Video Terkini
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke