Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menanti Gebrakan Panglima TNI Usai 1 Prajurit Gugur Diserang KST

18 April 2023, 15:17 WIB

Kelompok Separatis Teroris (KST) melakukan penyerangan terhadap prajurit TNI pada Sabtu (15/4/2023) sore. Penyerangan di wilayah Kabupaten Nduga, Papua ini terjadi saat TNI akan melakukan operasi penyelamatan terhadap pilot Susi Air Philips Mark Methrtens (37).

“Dari Satgas (Yonif Raider 321) mencoba menyisir mendekati posisi dari para penyandera (KKB), kemudian ada serangan dari mereka (kelompok kriminal bersenjata),” kata Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Laksamana Muda Julius Widjojono saat konferensi pers di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Minggu (16/4/2023).

Akibat penyerangan tersebut, Pratu Miftahul Arifin terjatuh ke jurang dengan kedalaman 15 meter hingga gugur. Setelah itu, lanjut Julius, terjadi serangan lanjutan dari KKB terhadap Satgas Yonif Raider 321.

“Ketika (prajurit) mencoba untuk menolong (Pratu Miftahul), (mereka) mendapatkan serangan ulang,” ujar Julius. Julius membantah bila disebutkan ada enam prajurit yang gugur akibat penyerangan susulan itu. Dia mengatakan, kondisi prajurit lain yang mendapatkan serangan susulan itu masih didalami.

Usai peristiwa penyerangan ini, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono langsung bertolak ke Papua, Senin (17/4/2023) dalam rangka evaluasi operasi. Dalam lawatannya, ia didampingi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman dan Panglima Kostrad Letnan Jenderal Maruli Simanjuntak.

Simak selengkapnya dalam video berikut.

Penulis: Achmad Nasrudin Yahya, Adhyasta Dirgantara, Rahel Narda Chaterine

Penulis Naskah: Rizkia Shindy

Host: Michaela Winda Saputra

Video Editor: Dina Rahmawati

Produser: Adesari Aviningtyas


#PrajuritTNIGugur #PilotSusiAir #NewsUpdate #JernihkanHarapan

Video Terkini
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke